Kamis, Maret 12, 2009

Kayla ku sayang..

Cerita ini lanjutan dari cerita Kayla sewaktu mengalami demam tinggi minggu lalu

Semoga cerita ini menjadi pelajaran berharga buat kami sebagai ornag tua dan semoga juga ada manfaatnya untuk para ornag tua lain musti lebih berhati2 bila menangani sakit anaknya.

Kronologi :




Sehari sebelum kay..masuk rumah sakit


Minggu Tgl 1 Maret 2008 minggu sore (ba’da Magrib) kami mendapati Kayla demam secara tiba tiba yg disertai mimisan. Mungkin kecapean setelah aku ajak dia belanja bulanan dan bermain main di arena ITC siang itu. Bertambah malam obat penurun panas panadol yg aku berikan tak kunjung membuat demamnya reda padahal sudah aku tambah dengan kompres bye2 fever. Tepat tengah malam karma panasnya cenderung tinggi aku dan suami membawanya ke dokter 24 jam di Rs, di bilangan cileduk . Setelah di beri obat penurun panas Dumin dan di resepkan obat penurun panas ibuprofen + obat batuk-pilek ( ????) oleh dokter jaga jg diberi surat pengantar tes darah bila besok panasnya belum turun.

“Ini aku yg panikan..atau Dokternya yg berlebihan ya kok obatnya banyak amat mana ada batuk pilek juga padahal Kayla kan gak bat-pil ? (Dan biasanya kalau sudah 3 hari baru tes darah, ah tapi mungkin lbh cepat lebih baik begitu pikirku)

Di UGD


Senin tgl. 2

pagi2 kami kembali ke Rs yg sama. Langsung pergi ke lab. U ambl darah kebetulan panasnya Kayla belum turun masih manteng di 39. manteng dari semalam.

Hasil tes darah : widal : negative ( -), Trombosit masih normal : 170

Tetapi paratypus – B(O) : + 1/320, B(H) : + 1/160 , C (O) : + 1/160 dan C (H) : + 1/180. Semua negative. Jujur aku gak tau apa itu Paratypus. Tapi dokter bilang itu gejala ada infeksi sakit yg msh ringan. Belakangan baru tau kalau paratypus itu bawaan setiap tubuh manusia dan wajar bila ada yg negative atau positif. Dan Dokter menganjurkan bilamana di rumah repot bisa saja anak di rawat . Benar juga pikirku dari pada menunggu lebih baik di tangani langsung oleh ahlinya di rumah sakit. . Kami langsung daftarin rawat inap untuk dia. Tapi sampai jam 1 an Kayla baru dapet kamar karna nunggu yg keluar dulu. Aku sempet telpon saudara yg kerja di pertamina, ternyata di sana full juga malah sampai ada yg di lorong (ktnya lagi musim diare dan DB) tapi kalau aku mau bisa di carikan. Di pikir2 rumah sakit ini lebih dekat dari rumah jadilah kami tetap di RS tersebut. Jam 1 an siang Kayla baru dapet kamar anak2 kelas 2. Sampai malam Dokter spesialis yg di jadwalkan berhalangan hadir.


Selasa : DSAnya baru datang periksa jam 10 pagi tetapi anehnya si DSA belum punya history Kayla yg notabene sudah sehari masuk (aku jadi agak senewen dengan birokrasi yg menurutku sedikit lambat itu). aku Tanya kenapa panas Kayla belum turun. Si DSA bilang : musti tunggu karna harus di observasi untuk mengetahui penyakitnya. Bisa jadi campak / tampek atau DB. Sementara itu aku makin gak tega melihat Kayla yg sudah terkapar karma panas takut dehidrasi pula. Kayla banyak di berikan obat penurun panas Apalagi sewaktu di berikan cairan Dumin dari maaf (duburnya) dia merasa gak enak banget jadi rewel. Mana sudah di berikan obat dumin kembali dan suntikan di infuse tetapi panas Kayla belum juga turun aku juga Bantu dia dengan kompress. Aku jadi ingat pengalaman ku waktu kena DBD dulu karna hampir 5 hari panas ku juga tidak bias turun. Karna kalau kena DBD obat penurun panaspun tidak mempan. Jangan2…

Aku telpon kantor untuk ijin tidak masuk juga hari itu. Sibuk mondar mandir beberapa perawat sempat membuatku geram. Karma beberapa kali salah mau memberikan obat. (tidak perlu aku certain capek…intinya obat yg di beri tidak singkron dengan sakit yg di derita saat itu )

Aku sempet bilang : Suster tolong ya kalau mau kasih obat Tanya dulu DSAnya , saya gak mau anak saya ada apa2. apalagi penyakitnya kan juga belum di ketahui.

Si suster Cuma bilang maaf bu ini sudah prosedur. Iya tapi kenapa anak saya gak bat pil kok masih mau di kasih obat itu ? pokoknya saya gak mau salah diagnosis.

Panas Kayla sudah agak mulai turun menajdi 37 an se Berikutnya aku di suruh menandatangani pernyataan pemberian obat antibiotic dan tidak akan menuntut bial mana terjadi apa2 tentang pemberian obat. Sebelumnya juga Kayla di tes alergi di bawah kulit untuk mengetahui cocok tidaknya obat tersebut. “Hik..suer baru sekali ini aku punya pengalaman seperti ini di rumah sakit . menurut yg lain “memang seperti itu bu sekarang rumah sakit gak mau ambil resiko kan sekarang tuntut menuntut bias di lakukan pasien. Ohh..menurutku sih kalau hal tersebut demi kebaikan aku tidak masalah tapi tetep saja yg namanya orang tua jadi was was.


Hari ketiga Rabu :

Seiring dengan turunnya trombosit dari 170 menjadi 129 yang normalnya antara (150 – 250 ).

Dan DSAnya bilang dia positif DB. Sedikit lega (karna jenis penyakitnya sudah tau) sekaligus sedih jenis penyakit yg aku takutnya akhirnya Kayla kena juga. Panas yg tinggi tiba2 jadi normal 36 – 37. Setauku dan menurut DSAnya kalau panasnya sudh turun gak perlu obat penurun panas lagi apalagi yg mengandung Ibuprofen yg sebelumnya aku gak tau kenapa di kasih sama dokter jaga sebelumnya karna obat itu bias mempengaruhi trombosit. Kecuali kalau naik lagi bias di kasih Sanmol – paracetamol ini aku setuju. KArna malamnya aku sudah browsing internet serba serbi DBD. Sakit DB oabta hanya parasetamol untuk pereda nyeri selebihnya cairan infuse atau yg lain dari minuman yg musti diperbanyak. Kecuali ada pendarahan / syok. tapi lagi2 siang itu salah satu perawat di situ ada yg sok tau : ucuk2 mau kasih obat penurun panas dosis tinggi yg di suntik ke kantung infus. Untungnya aku liat. Jadilah aku Tanya :

A : Mas..itu obat apa ? tanyaku

P : Oh ini penurun panas bu mau di masukan ke infuse

A : Loh kayla kan dah gak panas coba cek dulu

P : “Oh…eh” gitu ya ? Si perawat seperti salah tingkah ( dengan gaya biasa si masnya mengeluarkan thermometer dari sakunya)

A : bener kan 37 ..tegas ku

P : Iya Bu tapi musti tetap diberikan kata Dokter

A : Dokter yg mana ? (aku kembali ngotot) saya denger sendiri kok dokter bilang gak perlu mendingan Masnya cek lagi apa bener obat itu bat Kayla. (setengah kesel akhirnya)

Dan akhirnya si perwat berlalu dari hadapanku.

Sudah 2 hari aku tidak pulang alias tidur – pergi ngantor paginya dari RS. Aku juga sibuk browsing2 di inet. Jangan di Tanya capek n pegelnya apalgi buat aku yg sedang hamil begini. Aku gak tega ninggalin Kayla walau pulang dan tidur d rumah pun malah gak bias tidur kepikiran terus. Ya udah aku terpaksa tidur di rumah sakit bergantian dengan si Ayah.


Hari Ke empat :

Pagi tes darah lagi Trombosit Kayla masih cebderung turun menjadi 80. Tidak begitu drastic memang kata Dokter kalau trombositnya sduah di bawah 100 badan tidak panas lagi. Ini yg sering membuat orang terkecoh karna suhu badan normal lagi padahal fase tersebut adalah fase kritis. Salah satu obat hanya memperbanyak cairan.

Yah tapi itulah susahnya bila yg kena DB anak anak. Minumnya suka susah boro2 jus jambu ankak, pocari swett atau yg lain padahal dah aku dan mbahnya beli , Kayla hanya mau minum air putih dikit2. Untungnya makan dia mau dan tidak keluar bintik2 merah. Kata Dokter daya tahan tubuhnya lumayan baik.


Hari kelima

Alhamdullilah trombosit Kayla yg sempat turun kini mulai naik menjadi 86. Kemajuan yg bagus walaupun sedikit2 kata DSAnya kalau sudah naik biasanya akan naik terus walaupun bertahap. Dan suhu badannya sempat menghangat menjadi 38 an tapi gak pa pa seingatku itu adalah fase penyembuhan. Aku sekali2 kasih sanmol untuk pereda nyerinya. Karna DB cenderung bikin badan lemes pegal2, pusing dan sakit pencernaan.

(Jadi inget dulu waktu aku kena DBD trombositku sampai 19 kepala dah kayak mau di pentokin ke tebok, badan linu, panas dingin mual dll.) Alhamdullilah Kayla tidak mengalami separah yg aku alamai 3 tahun lalu. Tetapi melihat anak kecil yg sakit tetp aja sedih.



Hari Ke Enam


Syukur walau cara minum kayal yg sempet membuat aku stress karna sedikit sekali trombositnya tetap naik walaupun hanya 91. Dan hari itu Dokter sudah mengijinkan Kayla pulang. Sebagai orang tua bagaimana tidak senang akhirnya Kayla bias pulang hai ini. Walaupun sedih karna tidak bias menghadiri acara 7 bulanan adikku yg sedang berlangsung di rumah.

Walau agak sedikit cemas melihat kondisi Kayla yg masih lemah dan tambah kurus saja apalagi dia masih mengeluh sakit perut bahkan hari itu dia sempet muntah paginya karna mual. Tapi dokter bilang gak pa pa nanti di kasih obat lambung. Dan pikir kami mungkin karna trombositnya yg masih di bawah normal . Mudah2an di rumah pemulihannya lebih cepat. Kami dapat resep obat untuk di bawa pulang :

Kami di resepkan : Vitamin, Obat untuk lambung, Antibiotik dan obat puyer (details menyusul)




Sampai di rumah siang jam 2 karna tadi ri RS sudah dapet makan siang aku memberikan obat yg dari dokter tersebut selang beberapa menit Kayla muntah2 dan mencret. aku bingung aku telpon rumah sakit untuk minta nomor HP si dokter yg lupa aku Tanya. Agak lama mereka baru memberikan atas persetujuan si Dokter. DSAnya dia bilang di kasih obat anti mual saja tadi blm diberikan, Ayahnya Kayla langsung ke apotik terdekat menebus obat itu . Sore aku kasih obat mual nya sebelum makan dan minum obat malamnya jam 7 kayla kembali muntah dan diare.


½ panic kenapa kok jadi makin parah, kembali DSAnya aku telpon

A : Dokter bagaimana ini Kayla masih muntah dan diare setelah di kasih obatnya

DSA : muntahnya abis makan atau minum ?

A : Gak tau dokter lupa , soale makannya jadi susah nih karna mual

DSA : Ya udah di kasih pedialyte dan lakto-B dan air putihnya di kurangin biar gak eneg.

A : Hah ? (pikirku dalam hati why ?) kemarin di RS gak napa2 tuh Dok. Apa wajar ya kalau abis kena DB anak ngalamin kayak gini ?

DSA : engga juga sih, mungin dia mau Diare atau dehidrasi setelah di copot infusnya kalau DBnya sih dah gak ada. Ya udah di coba dulu obatnya ya.

A : Makasih Dokter sambil tetep bingung atas penjelasan si Dokter kenapa jadi kena Diare ya Tanya aku dalam hati.


Sambil melihat kondisi Kayla yg masih lemah. Dan menunggu ayahnya kembali pergi ke apotik aku iseng2 tanya temanku yg juga Dokter yg punya pengalaman anaknya yg balita pernah DB.

PAnjang lebar berikut cemas aku certain ke dia. Dan dia Tanya obat apa aja yg di aksih ke aku.

“Katanya : Wah nov setau gw anak gw wktu kena DB gak di kasih macem2, obat apan tuh mencurigakan coba liat efek sampingnya ?

Aku buru2 membaca brosur yg tertera, bener aja antibiotiknya bias bikin mual dan diare, obat lambungnya juga . Ya udah nov jangan di kasih lagi lakto-Bnya juga stop aja kecuali kalau diarenya banyak. coba stop dulu liat sampai besok gimana keadaanya. Anti mual juga gak perlu . biarin aja kalau muntah yg penting cairannya jangan ilang. Muntah kan bias di bilang proses pengeluaran racun dalam tubuh jadi bukan penyakit.


Alhamdullilah setelah aku stop semua obat yg di kasih dari dokter muntah dan diarenya berkurang.

Sampai hari senin sore aku coba makanin dikit2 dan kasih minum the manis Kayla sudah mulai agak enakan. Dalam hati betapa kasian anak sekecil Kayla sudah jadi experiment obat yg gak perlu.

Apalagi malam itu setelah aku dan ayahnya sibuk melihat artikel2 di Inet tentang salah kasih obat. Dan dari situ aku baru tau bahwa sedikit sekali pengetahuan kami yg orang awam ini ttg bahanya obat. Yang tadinya kawan bias menjadi lawan apalagi jenis antibiotik.

Temen ku juga bilang salah2 kasih antibiotic bias bikin tubuh kebal apalagi DB sejenis virus tentunya antibiotic kadang kurang tepat. Untuk penangannannya.

Dari situ jadi aku kapok balik ke RS itu lagi aku jadi mikir kemarin itu bener gak ya ? selama di rawat obat apa aja yg udah masuk. Ah..Aku engga mau bayangin yg jelek thinking positive aja Yang penting Kayla sehat dulu sekarang. walaupun selasa besok musti control aku mending cari second opinion dari DSA yg lain saja yg lebih Rasional. MUdah2an ini jadi pelajaran berharga buat kami semua. Syukur selama di rawat Kayla tidak begitu rewel setiap malam sehabis sholat magrib aku selalu berdoa bersamanya dan dia mau mengikuti dengan terbata2. “malah waktu aku bilang Ya ALLAH coba yg sakit mama aja. jangan Kayla” dia malah sedih katanya “ mama jangan ngomong begitu” (terbukti juga sih jangan sembarang doa, selasanya gantian aku yg kena diare 2 hari tepar ) he he

Mama baca bismilah aja ya..” dalam hati aku sedihhh banget tapi melihat ketegarannya waktu itu .

Dan buatku semoga aku juga aware karna enurutku virus nyamuk DB ini tidak akan mengalahkan imun manusia jikalau si orangnya dalam kondisi sehat selalu. Mungkin kemarin2 kayla sudah kecapean dan aku gak aware ttg kesehatannya karna dari hari jumat sebelumnya nginep dan main terus sama temen2nya yg lain. Manalagi di daerah tempat Ibu sedang di landa wabah DB sebelah rumah ibu sekeluarga kena DB tak jauh dari situ juga kena. Yang namanya sakit tiada yg tau kapan datangnya.

Alhamdullilah..kayla sekarang sudah pulih..tinggal asupan gizinya yg musti di tambah. Karna tubuhnya jadi kurus kering begitu.


Our warm regards present to :

Pertama tama Terima kasih ya ALLAH atas segala RahmatMU

Terima kasih kepada keluargaku yg selalu mendoakan & mengsupport kami juga kepada

Saudara , Tetangga, temans dan guru2 kayla yg sudah sudi menjengukdan mendoakan kesembuhan Kayla kemarin.


6 komentar:

  1. alhamdulillah kalo Kayla sekarang udah baikan ya.. Sehat terus ya sayang...
    Saya suka bersyukur sama kecanggihan teknologi skrg. Salah satu manfaatnya kalo ada keluarga terutama anak yg sakit kita skrg bisa lebih kritis krn bs lbh dulu cari informasi dr mana2 :)

    BalasHapus
  2. @ bener bunda...musti cari sebanyak2..advise../ second opinion juga dari Dokter lain

    BalasHapus
  3. syukurlah Kayla sudah baikan ya. emang Bunda antibiotik sekarang aneh2 dan banyak gak cock buat tubuh. Yang tua aja sering bermasalah apalagi anak2

    BalasHapus
  4. Gila y RS skrg byk yg kurang aware sm kesehatan org... main action tnp pikir panjang. Bagus bgt neh postingannya mom, bkn aq melek... spy lbh hati2 n gak jd korban mal praktek.

    Syukur alhamdulillah kayla da sehat, semoga kembali ceria :)

    BalasHapus
  5. Bener2, kita sbg orang tua memang harus memperbanyak ilmu2 tentang obat dan kesehatan...

    Buat Kayla, kembali sehat dan ceria ya sayang...

    BalasHapus
  6. Gw juga suka bete tuh ma dokter yg gampang banget kasih macem2 obat ke anak2, eamng bener ya, sekarang pasien mesti cerdas supaya ga terbodohi, pa kabar kayla sekarang pi?

    BalasHapus