Selasa, Desember 23, 2008

PR Buat ku di penghujung Taun 2008


Pagi ini aku dan Ayah datang ke TK tempat kayla belajar untuk pengambilan raport agak pagian jam 7.40 mencuri2 star yg seharusnya di buka mulai pukul 8.30 pagi karna kita musti ngantor juga niy..Pagi itu dingin agak gerimis.


Selesai ngurus administrasi dan berbicara sebentar dengan wali kelasnya daku sempet di tanya2 seputar perkembangan Kayla di rumah.

“ Kayla bagaiman kalau di rumah bu ? suka di ajarin gak bu ? tanya bu guru.

“Biasa bu, nonton TV terus kalau beljar maaf hampir engga pernah eh jarang bu jawabku maklum saya kalau dah pulang suka cape n gak inget. ( tuttt...wrong answerd....). Itu hanya salah satu pertanyaan yg aku jawab dengan jawaban yg tidak seharusnya mungkin.

Di ingat2 memang sejak abis lebaran kmrn sampai sekarnag kayla jarang masuk bahkan perhah hampir satu bulan, otomatis banyak pelajaran yg ketinggalan, “waktu itu faktor daku yg belum ada asisten sampai karena daku masih sibuk dengan diriku sendiri yg masih dalam kondisi morning sickness. Aku jadi agak mengabaikan sekolah kayla.

Tapi mau di kata apa wong kondisi aku masih begini. * Begitu pikirku mencari pembenaran *

Wali kelasnya akhirnya agak maklum dengan kondisi yg kusampaikan tapi terlihat di raut wajahnya mungkin mau bilang..huh ibu macam apa nih..”. Kan bukan berarti kayla di cuekin..alesan he he.


“Duuuhhhh maafin aku sayang..lagi2 aku lalai dengan tugasku sebagai ibu yg baik. ( “teoriii..emang gampang “) Manalagi kamu sudah TK-B sekarang jadi harusnya musti lebih intensif belajarnya.

“Kayla itu suka sekali bercerita bu, kata bu erna membuyarkan lamunanku sesaat. Kadang dia suka cerita kalau belajar mau ditemani mamanya ” karna pernah saya tanya waktu dia lupa bikin PR “kenapa kayla engga bikin PR ?

“Maunya sama mama bu mama kan pintar tapi kalau pulang mamanya suka lupa“ begitu jawabnya. Ya ALLAH aku jadi miris mendengarnya dan malu sama wali kelas di hadapanku ini.

“Kayla itu type anak yg suka bercerita apa saja di ceritain bu, dan gak neko neko. Dia cerita apa saja waktu di rumah neneknya waktu pergi dan kalau lagi di rumah juga kadang dia cerita, sebenernya ngajarin dia gampang karna dia termasuk anak yg gampang menyerap pelajaran, cuman kalau jarang di ulang di rumah dia suka lupa begitu pula apalan doa2 nya.” Hik aku Cuma tergugu mendengar penjelasan bu Erna di depanku. Aku pikir kayla anak yang pendiam di sekolah . aku jadi speachless gawat masa sebagai mamanya aku sampai gak tau. ( *Terlaluuu*)

“Tolong ya bu..untuk kedepannya kayla lebih diperhatikan lagi “ terima kasih..sambil menyerahkan hasil raport yg baru (karna yg lama ilang oleh ku..lagi2 terlalu*) dan hasil belajar kayla selama 1 semester yg belum sempat aku liat. Nilainya agak menurun tapi gak pa pa besok2 bisa diperbaiki.


Terima kasih Bu, makasih sudah perhatian dengan Kayla. InsyaAllah kedepannya bisa lebih baik. “janjiku” Aminnn"


Gak lama setelah bertemu wali kelas aku bertemu kepala sekolahnya Ibu Ros, aku kembali bertanya apa kayla taun depan bisa masuk SD ? bu ros kembali mejelaskan syarat masuk SD DKI minimal 7 tahun, Kreo /Tangerang minimal 6.8 tahun.

Wek ..kayla belum ada 6 taun Juli nanti bu ? apa boleh ? tanyaku.

Wah agak sulit mama kayla. Tapi untuk tinggal di TK juga kasian Kayla juga kelamaan TKnya.

“kalau tidak masuk swasta saja kayaknya bisa di usahain yg penting dah bsia baca tulis.

Kepikir juga nih..tugasku makin berat aku binun..masukin Kayla ke SD walau umur tanggung atau Tk lagi..


Hik..ini memang PR yg berat buatku ke depan..mudah2an..sebagai orang tua aku dan ayahnya bisa menemukan formula yg terbaik.buat kayla.Aminnn


Angin dingin serta hujan rintik2 menyapu wajah dan tubuhku & pikiranku pagi itu..

Kayla..mama kangen nih..mau denger kamu cerita ..besok pulang ya…dari rumah mbah..mama mau curhat sama kamu..niy…


Cipadu 23 Dec 08


16 komentar:

  1. mudah2an raport berikutnya bs lebih baik lagi ya mbak.. :)

    Iya mbak, ttg umur msk SD itu dr pertama kali anak sy msk TK pas rapat org tua kepseknya udh ksh tau kl tahun ajaran depan usia minimum msk SD negeri itu 7 thn. Di ksh tau di awal spy org tua gak kaget. Kl peraturan itu jadi katanya anak umur dibawah 7 th tertutup kemungkinan masuk SD negeri. Kl mau di swasta atau ngulang TK lagi setahun.. Bingung juga y kl peraturan berubah2 terus..

    BalasHapus
  2. masak mesti 7 thn sih?? ruben taon depan baaru 6 thn .. jadi gak bisa masuk SD donk
    sabar vit .. masih TK ini, masih jaaauuuuh perjalanannya ..

    BalasHapus
  3. @ Bunda Kenai : Iya mulai tahun 2007 katanya peraturannya seperti itu. sebenernya aku dah di kasih tau pas awal tapi aku santai aja. eh skrng baru mikir lagi hik mudah2an bisa

    @ Febri : Iya bener itu ktnya peraturan baru. masih mending Ruben dah 6 taun kayla taun depan tanggung 6 taun kurang 3 bulan.
    Tapi kalau masuk swasta sih kayaknya no problem selama anaknya bisa ngikutin dan ada uang he he. kalau negri kan gretong..alias gratis masuk nya jadi ya musti bersaing dengan yg lain.
    Kayaknya sih kayla aku mau coba di swasta aja, tp kalau belum siap yo wiss home scholing alias les aja di rumah atau pindah TK...duhhh Ribettttt...

    BalasHapus
  4. Wah.... nyusahin bgt pendidikan zaman skrg y. dl bunda masuk SD br berumur 5,5 taon, lu2s SMA 17 taon. kl skrg mah 7 taon br msk SD ketuaan x.


    Sabar mom... pdhl aq jg lg binun neh mo lanjut TK apa msk SD Swasta yg notabene lbh muahallll :D

    BalasHapus
  5. Wah.. 7 taunnya anak sekarang kant dah beda ma 7 taunnya jaman kita ya.. anak sekarang lebih pinter dan klo' disini SD tu 5 th je..so.. masukin es de percontohan swasta aja dech.. setidaknya sekalian penyesuaian kant.. smoga lebih bijak bagi waktunya ya Mam.. spy keluarga kebagian smua..

    Oh ya.. amanah dah budhe sampaikan..

    BalasHapus
  6. Wah ikut bingung juga...Klo hrs 7 thn berarti Talitha masuk TK nya harus thn 2010 ya klo gak takut kelamaan di TK nya hrs 3 thn...

    Ayo Mom semanat!!! Saya juga kadang suka kecapean duluan klo mau ngajar anak tuh ya...Tapi emang hrs dilawan ya klo gak kasihan anak kita...Hiks!!!

    BalasHapus
  7. bukan ibu bekerja aja nih yg punya PR, ibu RT ky aku juga nih punya PR buat Azka..hahaha..raportnya dia kmrn byk yg hrs diperbaiki nih, dia masi ga suka mewarnai...secara mamanya juga ga suka mewarnai. Jadinya kena sentil suami nih, disuruh ngajarin.

    Kayla sama ky azka, umurnya nanggung. Kalo azka siy klo dia belom siap SD mgkn TK Bnya ngulang lagi, soalnya kan pelajaran anak SD jaman skrg susah2 yah...

    BalasHapus
  8. sama dengan yg lain, bingung nih.
    rencananya thn 2009 (4,5 thn) fauzan mo masukin TK, tp kalo masuk SD musti 7 tahun, TK nya bisa 3 taun dong ...
    kayaknya musti masuk swasta juga nih .. hmmm ..

    BalasHapus
  9. Asslkm Mbaku sayang...Met Tahun Baru ya semoga Alloh SWT mengampuni segala khilaf kita, smg Mbaku jadi Mama yang makin sabar, disayang hubby dan dek kayla, dedek kecil sehat, dan segalanya makin lebih baik...and maaf zie kasih hadiah PR di tahun baru ini

    BalasHapus
  10. pelajaran berharga untuk kita semua sebagai orang tua yah.

    tapi de yakin kematangan anak memasuki sekolah dasar tidak semata ditentukan oleh usia mereka. Banyak faktor lain yang bisa membuat mereka 'matang' untuk masuk sekolah dasar.

    semoga menemukan jalan tengah yang terbaik utk semuanya (kayla, orang tua dan guru di sekolahnya) amin

    BalasHapus
  11. ikutan usul ah: klo menurut aku mending ngulang TK lagi aja, biar secara emosi, Kayla lebih matang lagi. Karena klo hanya mengandalkan kemampuan dalam mengikuti pelajaran secara akademis, rata2 umur anak sepantaran Kayla memang sudah bisa.

    Tapi faktor kematangan secara emosi dan tingkah laku menurut aku juga penting untuk dipertimbangkan.

    BalasHapus
  12. Makasih ya atas masukannya..kayaknya besok liat kondisi aja deh kalau dia dah siap masuk SD go head kalau belum yo wiss..nunggu taun depannya lagi

    BalasHapus
  13. wahhh aku juga rencana 5 thn ina harus udah masuk SD...soale emaknya 7 thn baru SD lulus SMA dah ketua-an sprti yg dibilang Bunda Radith...tapi ada benernya juga SD umur 7 thn...soale pelajaran SD skrang susah2...takutnya malah ketinggalan pelajaran lagi....duhhh pusing yaa...peraturan ganti2 trs...mdh2an pas ina usia sekolah peraturannya gak terlalu ketat heheheh

    BalasHapus
  14. Allow Kay.. maap niy budhe telat kasih comment...hehehe..

    Sebenernya maksud pemerintah ngeluarin peraturan 7th baru blh SD itu supaya si anak bener2 siap secara mental untuk masuk SD.. tapi sebenernya kesiapan mental anak itu berbeda2 walopun misalnya usianya sama...

    jadi nanti liat aja, kalo ternyata kayla sudah siap masuk SD, ya masukin SD aja nov.. tapi kalo blm siap, gak pa2 tunggu tahun depan lagi..

    BalasHapus
  15. zie mampir lagi mba vie sayang..gmn kabar mba vie sekeluarga...semoga semua baik ya, sekeluarga sehat, dedek kecil dan dek kayla sehat dan pinter, Papa dan Mama jg sehat dan harmonis..kenalin ini rumah ke2 zie mba

    BalasHapus